Senin, 05 April 2010

tugas 8s

1. Pengaruh merupakan suatu transaksi sosial dimana seorang atau sekelompok orang melakukan kegiatan sesuai dengan harapan dari orang yang mempengaruhi, hal tersebut dikemukakan oleh:
a. Scott_Mitchell c. Herbert A. Simon
b. French_Raven d. Freud_Veblen

2. Model pengambilan keputusan yang dikemukan oleh Fisher, dimana model tersebut menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan, model yang lebih memfokuskan pada pemberian resep perbaikan:
a. Brainstorming c. Preskriptif
b. Synectics d. Deskriptif

3. Orang tidak menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan, merupakan konsep pengambilan keputusan:
a. Ekonomi c. Manusia mobicentrik
b. Manusia administrasi d. Sosial

4. Model perilaku pengambilan keputusan yang identik dengan “sifat kompetitif” adalah:
a. Manusia organisasi c. Pengusaha baru
b. Manusia administrasi d. Manusia mobicentrik

5. Dibawah ini merupakan metode-metode yang digunakan untuk mempengaruhi, kecuali:
a. Balas jasa c. Sanksi
b. Kharisma d. Kekuatan fisik

6. Langkah-langkah pengambilan keputusan menurut Herbert A. Simon, kecuali:
a. Kegiatan intelijen c. Kegiatan pemilihan
b. Kegiatan evaluasi d. Kegiatan desain

7. Kekuasaan itu berdasarkan pengaruh dan pengaruh didasarkan atas perubahan psikologis, analisa tersebut dilakukan oleh:
a. Scott_Mitchell c. Freud_Veblen
b. French_Raven d. Kepnal_Trigoe

8. Model pengambilan keputusan dimana satu orang mengemukakan konsep yang lain bereaksi, merevisi secara terus menerus:
a. Segitiga keputusan c. Spiral
b. Melingkar d. Linier

9. Berusaha menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum kelompok dengan cara memberikan kesempatan tiap anggota untuk menyumbangkan ide-ide mereka:
a. Brainstorming c. Preskriptif
b. Synectics d. Deskriptif

10. Sumber atau basis kekuasaan menurut French_Reven, kecuali:
a. Paksaan c. Sah
B Partisipatif d. Panutan

tugas 7k

1.Apa yang saudara ketahui tentang Komunukasi?

Beberapa Defini tentang Komnukasi:

CHESTER I BERNARD:
Komunikasi adalah Suatu alat dimana orang-orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.

KOONTZ O’DONNELL:
Komunikasi adalah Suatu pemindahan informasi dari satu orang ke orang lain.

SECARA UMUM:
Komunikasi adalah Usaha mendorong orang lain menginterprestasikan pendapat seperti apa yang dikehendaki oleh orang yang mempinyai pendapat tersebut.


2. Sebutkan 3 Unsur Komunikasi!


TIGA UNSUR KOMUNIKASI:
a. Pengirim berita (Komunikator/Sender)
b. Penerima berita (Komunikan/Receiver)
c. Berita atau Informasi


3.Apabila diketahui dalam sebuah seminar, dimana seminar di ikuti 2 kelas yaitu 1DB19 dan 1DB22, jumlah mahasiswanya adalah 34 (DB 19) dan 38 (DB 22), acara tersebut di hadiri 2 moderator dan 4 dosen, Berapakah Jumlah arus komunikasi yang terjadi menurut J.E WALTHERS? Berapa Saluran Komunikasinya dari data tersebut?

R=72 (72-6)
R=4752

SK=72 (72-6)/2
SK=4752/2
=2376 SALURAN
Jadi Saluran Komunikasinya dari data tersebut : 2376 SALURAN

4.Apabila saluran komunikasi dalam sebuah organisasi tidak dapat menampung kebutuhan informasi apa yang akan terjadi pada organisasi tersebut?

Yang terjadi pada organisasi tersebut adalah Organisai itu sendiri tidak dapat bekerja secara maksimal dan Organisai itu bisa dapat dicap jelek oleh masyarakat luas.Dan juga informasi yang disampaikan oleh organisasi itu tidak dapat sampai secara tepat dan jelas ke masyarakat luas.




5.Sebutkan Tujuan tujuan Komunikasi Menurut James. G. March dan Herbert A. Simon:
Menurut James. G. March dan Herbert A. Simon tujuan komunikasi digolongkan dalam:

Kegiatan untuk kegiatan komunikasi tidak terprogram
Contoh: Desas-desus, Kata burung, Grapevine.
Komunikasi memulai dan penciptaan program
Komunikasi pemberian data penerapan strategi
Komunikasi untuk menimbulkan program
Komunikasi tentang hasil kegiatan

tugas 7s

1.Pernyataan yang paling tepat tentang “Two Way Traffic” adalah:

a.Komunikasi yang terjadi antara dua orang dimana si komunikan tidak merespon tidak merespon informasi dari si komikator
b.Komunikasi yang terjadi apabila seseorang pengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik dari orang yang menerima secara langsung
c.Komunikasi yang dilakukan diantara sesame karyawan yang berada dalam tingkatan struktur organisasi yang sama dimana keduanya saling berkomentar dan bereaksi
d.Komunikasi yang dimaksudkan untuk memberikan informasi atau menyampaikan perintah dari atasan untuk dikerjakan karyawan

2.Komunikasi yang dilakukan dalam penyampaian berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita kepada penerima berita ada umpan balik pada saat itu juga disebut:
a.Komunikasi Formal
b.Komunikasi Langsung
c.Komunikasi Horizontal
d.Komunikasi Tidak Langsung

3.Yang tidak termasuk dalam hambatan-hambatan komunikasi yang bersifat teknologi:
a.Bahasa dan pengertian
b.Isyarat non verbal
c.Iklim
d.Efektifitas saluran

4.Aliran komunikasi yang mencakup seluruh transmisi informasi yang memotong silang berbentuk interaksi antara para manajer lini dan para anggota staf atau unit-unit pelayanan disebut:
a. Aliran Vertical c. Aliran Lateral
b. Aliran Horizontal d. Aliran Diagonal

5.Dibawah ini merupakan contoh aliran komunikasi vertical ke atas:
a. Rantai perintah c. Mata-mata karyawan
b. Laporan tahunan d. Buku petunjuk

6.Para penerima berita yang mendua (membingungkan) cenderung melengkapi atau menutup kekurangan informasi:
a. Codensation c. Expectation
b. Closure d. Asosiation

7.Penambahan saluran-saluran masukan dan keluaran seperti penambahan saluran staf khusus atau paralel bila wewenang didesentralisasikan di sebut:
a.Penyaringan
b.Pengantrian
c.Penyingkatan
d.Penetapan saluran ganda

8.Untuk menangani kelebihan informasi biasanya berita diproses berdasrkan prioritas, berita yang berprioritas rendah akan ditunda atau dijadwalkan kembali, hal ini disebut:
a.Penyaringan
b.Pengantrian
c.Penyingkatan
d.Penetapan saluran ganda

9.Di dalam Fase Intensif terdapat kemungkinan saluran komunikasi tidak dapat menampung kebutuhan informasi hal tersebut akan berdampak pada hal-hal dibawah ini kecuali:
a.Pimpinan menghadapi pilihan mekanisasi dan otomatisasi
b.Gangguan dalam waktu pelepasan informasi
c.Kesulitan penyimpanan serta pengambilan kembali informasi dari tempat penyimpananya
d.Gangguan dalam proses umpan balik

10.Dibawah ini merupakan teknik-teknik peningkatan efektifitas komunikasi, kecuali:
a.Penetapan saluran-saluran pribadi
b.Kredibilitas serta persepsi selektif
c.Penetapan dewan khusus
d.Pembentukan tim-tim tugas dan manajemen