1. Definisi kepemimpinan
kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerja sama dah hasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques,1990,281)
2. sebutkan tugas-tugas dan peran pemimpin
- pemimpin bekerja dengan orang lain
- pemimpin adalah tanggung jawaba dan mempertangung jawabankan (akontabilitas)
- pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas
- pemimpin harus berfikir secara analitis dan konseptual
- manajer adalah seorang mediator
- pemimpin adalah politisi dan diplomat
- pemimpin membuat keputusan yang sulit
Menurut Henry Mitntzberg, peran pemimpin ada;ah.
- Peran hubungan antar perorangan
- fungsi peran informal
- peran pembuat keputusan
3. Perinsip-perinsip dasar pemimpin
- Seorang yang belajar seumur hidup
- Berorientasi pada pelayanan
- Membawa energi yang positiv
4. Sebutkan faktor-faktor pemicu perubahan organisasi
- Pasar yang dilayani perusahaan (klien / konsumen)
- Pemasok
- Lembaga pemerintahan dan parlemen
- Ososiasi niaga
- Pesaing
- Lembaga keuangan
- Pemasok tenaga kerja
- Tingkat pengguran
- Kondisi perekonomian
- Kemajuan teknologi
- Perkembangan sistem
- Perkembangan sistem komputer Dan informasi
- Perkembangan e-commerce dan penggunaan internet
5. Sebutkan respon perusahaan terhadap perubahan
- Perkembangan historis yang membawa perubahan :
1. Secara umum, melalui siklus inovasi berbasis industri yang mengerakan perusahaan melalui serentetan perkembangan pentiang
2. Secara lebih spesifik,melalui daur hidup perusahaan sendiri yang tercermin pada perusahaan dari sejak organisasi berdiri hingga periode exspansi dan penurunan, yang berguna dalam menjelaskan strategi dan stuktur, budaya, politik dan gaya pemimpinan yang berlaku pada perusahaan tersebut.
- Lingkungan eksternal
1. lingkungan politik
2. hukum
3. ekonomi
4. teknologi
5. sosial-budaya
- lingkungan internal
perusahaan yang mencangkup perubahan -perubahan organisasi berupa respon terhadap lingkungan eksternal dan temporal.
6. pengembangan organisasi diterapkan pada 3 jenis manusia, jelaskan!
spesialis individu di dalam PO sebagai profesi, orang-orang dari lapangan yangt terkait , telah mencapai sejumlah kompetensi didalam PO, para manajer yang memiliki keahlian PO yang diperlukan untuk perubahan dan mengmbangkan organisasi atau departemen mereka.
7. Definisi manajemen konflik
manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupum pihak luar dalam suatu konflik. manajemen konflik pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan bentuk komunikasi dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan interpretasi. sebagai pihak ke tiga yang di perlukannya adalah informasi akurat tentang situasi konflik. komunikasi efektif diantara pelaku dapat terjadi jika ada kepercayaan terhadap pihak ketiga.
8. Teori-teori konflik
- Teori hubungan masyarakat
- Teori kebutuhan manusia
- Teori negosiasi prinsip
- Teori identitas
- Teori kesalahpahaman antar budaya
- Teori tersformasi konflik
9. Jelaskan pimpinan menurut teori X Mc Gregor
MC Gregor mangatakan bahwa pimpinan dengan teori X memiliki keyakinan semua orang didunia ini pada dasarnya suka bermalas-malasan. Mereka tidak layak di percaya dan harus di awasi terus mernerus dengan ketat. Mereka ingin berkerja hanya demi uang semata.
10. Jelaskan pimipina menurut teori Y oleh Mc Gregor
Manajer seperti ini berkeyakinan bahwa orang bekerja karna benar-benar menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar uang semata. Mereka berhak memperoleh kepercayaan, mereka mampu mengatur dirinya sendri. mereka tidak membutuhkan orang lain untuk memaksa mereka setiap saat.